Jumat, 15 Oktober 2010 | By: langit varien

key tips...Menggunakan Shortcut Word 2007 Tanpa Harus Hafal

Bekerja dengan shortcut keyboard memang sangat membantu dalam mempercepat pekerjaan pengetikan. Anda tidak harus memindahkan tangan dari keyboard ke mouse. Bagi sekretaris zaman Wordstar dan sebangsanya yang under DOS, yang memiliki kemampuan mengetik keyboard dengan kecepatan super tinggi, penggunaan mouse ketika menjalankan aplikasi pengolah kata nampaknya kurang begitu disukai.
Namun masalahnya, berbagai aplikasi pengolah kata yang ada sekarang dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat daftar shortcut yang harus dihafal menjadi semakin panjang, layaknya daftar belanja di awal bulan. Untungnya di Microsoft Word 2007 ada fitur Key Tips. Kini Anda tidak harus menghafal seluruh list dalam daftar shortcut.
Bagaimana cara menggunakan fitur Key Tips? Tekan ALT di keyboard (tentunya setelah anda terlebih dulu mengaktifkan aplikasi Microsoft Word 2007). Anda akan melihat huruf dan angka di menu tab dan quick access.Tekan huruf dan angka yang sesuai dengan menu tab atau quick access yang anda inginkan. Misalnya menekan H akan menampilkan pilihan yang ada di menu Home.
Berikut ini daftar opsi Key Tips selengkapnya
  • F :  menampilkan menu File, pilihan yang ada di menu ini seperti Save, Print, Open dll.
  • 1- 9 : menampilkan menu Quick Access, ini tergantung pengaturan anda. Pengaturan standar angka 1 s.d 4 adalah Save, Undo, Redo, dan Quick Styles.
  • H : menampilkan menu Home, berisi semua pilihan dasar untuk mengedit dan memformat teks, mulai dari memodifikasi ukuran font untuk menyelaraskan blok teks.
  • N : menampilkan menu Insert, pilihan untuk menyisipkan grafik, bagan, bentuk, dll.
  • P : menampilkan menu Page Layout, menampilkan pilihan untuk mengubah format halaman, misalnya margin halaman.
  • S : menampilkan menu References, berisi opsi untuk bahan referensi sumber, seperti catatan kaki dan keterangan.
  • M : menampilkan menu Mailing, berisi pilihan untuk persuratan, seperti cetak amplop dan label.
  • R : menampilkan menu Review, berisi pilihan untuk meninjau dokumen, seperti pengecekan spelling dan grammar
  • W : menampilkan menu View, berisi pilihan untuk melihat dokumen seperti document views atau zoom.
Namun, saya tetap menyarankan anda untuk menggunakan beberapa shortcut penting. Karena untuk menjalankan Key Tips anda perlu menekan beberapa key secara bertahap. Misalnya untuk menyimpan dokumen, anda harus menekan ALT kemudian F kemudian S. Sedangkan dengan shortcut anda cukup menekan CTRL+S.

0 komentar:

Posting Komentar