Rabu, 23 Maret 2011 | By: langit varien

cinta

KEMAUAN CINTA

Kemauan adalah suatu aktifitas jiwa atau gejala jiwa yang berfungsi untuk dapat mencapai sesuatu..Kekuatan ini ada yang bersifat indriah seperti tripisme,refleks,instink,automatisme,kebiasaan,nafsu,keinginan,kecenderungan,dan hawa nafsu.Dan ada juga yang bersifat ruhaniyah seperti nafsu mempertahankan diri,mempertahankan jenis,dan mengembangkan diri.[i]
Melihat keterangan di atas maka secara jasmaniyah dan ruhaniyah dalam diri manusia memang ada kekuatan-kekuatan yang akan selalu mendorong manusia untuk bercinta.Kekuatan tersebut bernama kemauan.Bisa jadi cinta tumbuh bermula dari kemauan-kemamuan rendah seperti nafsu birahi semata tetapi toh pada akhirnya cinta tumbuh juga.
Misalnya Rudi,Rudi menjalin hubungan dengan Nuri bukanlah karena cinta atu niat baik lainnya tetapi semata-mata karena nfsu birahi semata.Rudi kesepian karena terlalu lama membujang dan Nuri janda kesepian dengan anak satu.Tetapi karena sering bersama maka lambat laun dalam hati Nuri tumbuh rasa cinta juga.Bahakan dia benar-benar mencintai Nuri dengan perasan cinta yang sebenar-benarnya tetapi sayang terlambat karena pada saat yang bersamaan Nuri bertunangan dengan pemuda lain.

Tahu kenapa Rudi mencintai Nuri?,itu karena Rudi punya kemauan,yah kemauan untuk melampiaskan nafsu birahinya,pokoknya kemauan untuk bersuka-suka gitu.Kemauan tersebut kemudian membawanya mengenal Nuri lebih jauh dan pengetahuannya tentang Nuri menumbuhkan rasa cinta dan perasaancinta menumbuhkan banyak hal.Inilah kenapa kemudian kemauan bisa menjadi penyebab timbulnya rasa cinta.
Perasaan cinta biasanya tumbuh tidak semata-mata karena salah satu peristiwa jiwa di atas tetapi karena beberapa proses jiwa yang saling mendukung dan mengkoreksi .Jadi cinta tumbuh karena satu,dua,tiga,atau enath berapa proses jiwa yang saling mendukung dan mengkoreksi.
Cinta juga tumbuh bukan semata-mata karena hal-hal yang ada pada diri pecinta tetapi juga sangat di pengaruhi oleh kondisi para kekasih(objek yang di cintai) dan hubungan yang terjalin antara keduanya.

INTELEGENSI CINTA

Banyak sekali definisi intelegensi yang kita jumpai dalam buku-buku psikologi seperti kesanggupan untuk berpikir.Kemudian sesuatu perbuatan,aktifitas,atau rekreasi,baik di bidang mental maupun fisik,disebut:intelegent bila ia menjalankan dengan cepat,gampang,dan serasi atau sempurna.[i]
Reaksi itu kunci awal dari perasaan cinta.Ketika jiwa kita mereaksi sesuatu itu indah adalah cantik adalah menyenangkan maka segeralah tumbuh benih-benih cinta tetapi ketika sesorang mereaksi sesuatu adalah sebaliknya maka segeralah tumbuh benih-benih kebencian dan lambat laun mengalahkan benih-benih cinta.Selain intelegensi orang yang mencintai perasaan cinta juga tumbuh dengan pengaruh intelegensi orang yang di cintai.Saling gitulah.Sebab intelegensi yang di miliki objek dan juga kemampuan-kemampuan jiwa lainnya sangat merangsang tumbuhnya perasaan cinta dalam diri kita.Bukankah kita sangat sulit atau hampir tidak mungkin mencintai orang-orang yang kurang intelegensinya dan kita lebih cenderung mencintai orang-orang yang memiliki intelegensi normal.Tahu kenapa?,itulah kecenderungan kita.Jadi intelegensi memang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa cinta.

PIKIRAN CINTA

Mengerti,berpendapat dan membuat kesimpulan itulah pekerjaan berpikir.Hasil akhir dari proses berpikir biasa menyimpul pada kata menguntungkan atau tidak menguntungkan.
Ketika kita melihat perempuan cantik maka kita mengerti jika perempuan tersebut cantik karenanya timbullah bermacam-macam perasaan itu makin bertambah kuat hingga kita punya kesimpulan kecantikannya membuatku jatuh cinta dan tidak ada ruginya jika aku mencintainya.
Itulah sebabnya kenapa proses berpikir dapat menjadi salah satu penyebab cinta walaupun proses berpikir juga dapat menjadi salah satu penghalang cinta yang sangat besar,karena banyak sebagian kita dapat mengendalikan cinta kita dengan mengelola pikiran,jadi manakala pikiran kita selalu membisikan bahwa mencintainya adalah suatu kerugian misalnya maka perasaan cinta yang semestinya tumbuh akan segera terbunuh oleh pikiran-pikirannya.
Adalah Lia,dia selalu takdapat mencintai laki-laki karena perasaan-perasaan cintanya yang mulai tumbuh selalu terbunuh oleh pikiran-pikiran semacam pria adalah brengsek,bercinta tidaklah ada untungnya,dan pikiran-pikiran negatif lainnya hingga yang tumbuh dalam dirinya adalah perasaan-perasaan benci.

PERASAAN CINTA

JAWABAN CINTA
Kalau bertanya pada diri apa yang membuatku jatuh cinta
Satu satu tereja
Senyummu yang manis
Sorot matamu yang sayu meminta
Gayamu yang alami manja
Pinggangmu yang ramping biola
Semua tentangmu indah mengoda
Nyata
Hingga membuatku terjatuh
Dalam cinta
Takperduli kau siapa
Dan aku siapa
Dalam cinta asmara
Kita bersatu
Aku lebur dalam pesonamu
Rasaku lebur dalam cintamu
PERASAAN CINTA
Sungguh ketika di sampingmu
Serasa berbeda
Serasa makin hidup
Serasa makin bergairah
Serasa dunia penuh bunga
Serasa bintang penuhi angkasa
Sayang…
Biarkan aku selalu di sisimu
Untuk selamanya
Perasaan cinta
Sungguh ketika tak di sampingmu
Serasa rindu ingin bertemu
Keindahan atau kecantikan objek yang di cintai menimbulkan rasa kagum yang berlanjut dengan berjuta rasa dan terfokus dalam rasa bahagia yang di antaranya adalah perasaan cinta.Bahkan kecenderungan pada yang membahagiakan itulah cinta.
Bisa di pastikan betapa besarpun pengamatan,tanggapan,ingatan,dan proses-proses jiwa lainnya ketika perasaan kita takmengeluarkan “rasa cinta” maka “cinta” takkan pernah terjadi dalam diri seseorang.
Lihat kembali betapa senyum dan gaya merupakan penyebab timbulnya perasaan cinta yang melambungkan perasaan romantis.Jadi perasaan merupakan salah satu penyebab cinta.

FANTASI CINTA

Fantasai ialah suatu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan-tanggapan yang sudah ada pada diri kita,jadi cirri khas dari dari gejala jiwa ini adalah unsure menciptakan sesuatu yang baru dalam jiwa.Ciptaan-ciptaan baru yang terjadi oleh fantasi-fantasi ini dapat berupa kreasi-kreasi atau kesan-kesan baru tentang sesuatu yang sifatnya di sadari atau kurang/tidak disadari oleh orang bersangkutan.Demikian Alisuf Sabri menuliskan.[i]Begini kadang kita mencintai seseorang atau sesuatu bukan karena orang tersebut cantik atau baik tetapi karena kita sering mengkhayalkannya.Dalam duni khayal bisa jadi yang buruk rupa menjadi cantik mempesona dan yang membosankan menjadi menggairahkan.
Faktanya Nunik mencintai Farhat bukan karena dia ganteng,kaya,pintar,atau apalah tetapi semata-mata karena Nunik sering mengkhayalkannya.Dalam Fantasi nunik Farhat adalah remaja gaul yang menarik,pandai merayu,rajin bekerja,terlihat tampan dan fantasi-fantasi tersebut terus menyelimuti jiwa Nunik hingga timbul perasaan ingin bertemu,kangen,ingin bercinta dengannya,dan hasrat-hasrat lainnya yang timbul dalam diri Nunik.Taksadar Nunikpun mulai mencintai Farhat dan memang benar-benar mencintainya.Jika sudah begini tiada yang lebih ganteng dan lebih seglanya daripada Farhat.Padahal boo…jelek hitam,jadi fantasi bisa menjadi salah satu penyebab cinta.

INGATAN CINTA

Ingatan adalah kesanggupan mencamkan ,menyimpan,dan mereproduksi tanggapan.Ketika kita bertemu dengan seorang gadis pastilah kita memiliki sekian banyak kesan yang entah di sengaja atau tidak menyelinap kedalam batin kita untuk kemudian timbul kepermukaan kesadaran kita kembali atau terlupakan sama sekali.
Gadis yang dalam batin kita kadang mengharu biru perasaan kita dan menumbuhkan perasaan ingin bertemu,perasaan ingin memandangnya,dan perasaan-perasaan sejenisnya.Perasaan seperti ini biasanya dinamakan perasaan cinta.Jadi ingatan dapat menjadi salah satu penyebab cinta.Besar kecilnya cinta yang berkobar dalam dada juga sering di pengaruhi oleh kuat lemahnya ingtan seseorang.

TANGGAPAN CINTA

Ketika terbaring Fikri tiba-tiba teringat teman kuliahnya,betapa ayu wajahmu Astrit,seakan Fikri mendengar suara lembut tutur katanya,candanya,betapa halus kulitnya,betapa wangi parfumnya,dan tiba-tiba saja Fikri tersadar dan kaget Astriiit…! Ternyata aku mencintaimu,demikian gumamnya.Aneh perasaan cinta Fikri justru di rasakan dan di sadarinya ketika dia teringat kebersamaannya dengan Astrit yang kini entah dimana.Kenapa perasaan cintanya tak di rasakanya ketika dulu masih dapat memandangnya,mendengar candanya,mencium wangi parfumnya,dan menyentuh halus kulit tangannya.
Oke mari kita lihat kembali,ketika Fikri mengingat kembali gambaran pengamatannya kepada Astrit itulah yang di namakan tanggapan.Dan tanggapan yang di lakukan Fikri meliputi tanggapan visual,auditif,penciuman,ingatan,fantasi,benda,kata-kata,dan tanggapan-tanggapan lainnya.[i]Kemudian dari tanggapan-tanggapan tersebut tumbuhlah rasa cinta dalam hati Fikri.
Tanpa proses tangapan tersebut mungkin Fikri takkan pernah merasakan atau menyadari bahwa dirinya benar-benar mencintai Astrit,meskipun bisa jadi jika dalam diri Fikri telah ada benih-benih cinta sebagai hasil pengamatan.Jadi tanggapan juga merupakan salah satu penyebab perasaan cinta.

PENGAMATAN CINTA

Pengamatan adalah hasil dari mengamati dan mengamati berarti menggunakan alat indra yaitu melihat,mendengar,membau,atau mencecap.
Bahwa pengamatan merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa cinta tidaklah di ragukan lagi.Makin lama dan makin banyak alat indra yang kita gunakan mengamati suatu objek maka makin besar pula perasaan cinta yang kita rasakan.Bukankah rasa cinta yang timbul karena memandang masih kalah besar dengan rasa cinta yang timbul karena memandang dan merabanya.Demikian seterusnya.
Bukti lain yang menunjukan sebagai peebab cinta misalnya adanya ungkapan darimana datangnya lintah dari sawah turun ke kali darimana datangnya cinta dari mata turun ke hati.Sebagian norma social dan agama melarang orang memandang,mendengar,meraba,mencium,dan bertemu lawan jenisnya pada kondisi-kondisi tertentu itu karena di antaranya dari pengamatan-pengamatan tersebut akan tumbh cinta dan dari cinta akan tumbuh hasrat dan dari hasrat akan tumbuh nafsu,dan dari nafsu akan tumbuh kejahatan demi klejahatan maka berhati-hatilah dengan pengamatan kita.
Hal tersebut sejalan dengan prasarat terjadinya pengamatan yang meliputi(1)perangsang yang merangsang alat indra kita(syarat fisis),(2)kesan keindraan dan pembawaannya ke otak(syarat fisiologis),dan(3)pengamatan yang sebenarnya,yaitu penerimaan oleh kesadaran tersebut.[i]
Faktanya ketika seorang laki-laki bernama Indra,sebut saja begitu,kuliah dia sering sekali mendengar ceria kecantikan seorang gadis bernama Mia,hidungnya yang mancung,bibirnya yang menggairahkan,matanya yang bening,tubuhnya yang ramping, di tambah lagi kulitnya yang putih mulus membuat Indra sering terpejam sendirian membayangkan betapa cantiknya Mia.Perasaannya tersebut kemudian di bawanya pulang dan benar lewat foto Mia yang di miliki oleh adik perempuannya dia yakin jika Mia emang benar-benar cantik maka timbullah perasan yang membuai-buai,suka,tertarik,ingin bertemu,ingin bercumbu,bahkan ingin menikahinya.Bukankah ini yang namanya cinta dan cintnya Indra hanya tumbuh lewat pendengaran dan penglihatan saja.
Itu rasa cinta pada wanita dan perasaan cinta pada selainnya tentunya dapat timbul sebab proses pengamatan tersebut seperti rasa cinta pda alam semesta dan Tuhan YME.


0 komentar:

Posting Komentar