Minggu, 27 Maret 2011 | By: langit varien

teknik vokal dasar

 
dalam dunia musik terdapat 2 unsur yang paling penting yaitu: vocal dan instrument.
vokal adalah alunan nada- nada yang keluar dari manusia.
instrument sendiri adalah sebuah alat yang menghasilkan nada- nada merdu yang keluar dari alat tersebut.
instrument sangat penting dalam dunia musik terutama untuk mendukung vokal ketika melakukan sebuah irama merdu.
teknik vokal adalah : cara memproduksi suara yang baik dan benar sehingga suara yang yang keluar terdengar jelas, merdu, indah dan nyaring.
1. artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
2.  Pernafasan adalah usaha untuk memperoleh udara sebanyak- banyaknya, kemudian disimpan dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan. ada tiga jenis dalam pernafasan :
  • pernafasan dada : cocok nada- nada rendah . tp penyanyi mudah lelah
  • pernafasan perut : udara cepat habis, kurang cocok ketika digunakan untuk menyanyi, efeknya penyanyi akan cepat lelah.
  • pernafasan diafragma : yaitu pernafasan yang paling cocok dalam bernyanyi. karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan kestabilan vokal yang baik ketika bernyanyi.
3.  Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti selain itu sesuai dengan kaidah- kaidah yang berlaku.
 4. sikap badan adalah posisi badan ketika seseorang bernyanyi, bisa sambil duduk atau berdiri yang terpenting adalah saluran pernafasan ketika bernyanyi tidak terganggu.
5. resonansi adalah usaha dimana untuk memperindah suara yang dihasilkan dengan memfungsikan rongga- rongga udarayang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
6. vibrato adalah usaha memperindah sebuah lagu dengan cara memberi getaran atau gelombang yang teratur oleh suara.
7. improvisasi adalah uasaha untuk memperindah dengan merubah/ menambah sebagian melody lagu dengan profesional tanapa merubah melody pokoknya/ melody utama.
8. intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus di jangkau dengan tepat. syarat- syarat terbentuknya intonasi yang baik : 
  • pendengaran yang baik
  • kontrol pernafasan
  • rasa musical
good luck !!

0 komentar:

Posting Komentar